BBC navigation

Hiruk-pikuk mudik dan permasalahannya

Terbaru  16 Agustus 2012 - 21:54 WIB
Antrian pemudik

Jutaan orang meninggalkan Jakarta, antara lain dengan menggunakan kereta api.

Jutaan warga meninggalkan Jakarta untuk mudik Lebaran dengan menggunakan berbagai moda transportasi termasuk bus, kereta api, dan sepeda motor.

Korban kecelakaan lalu lintas dalam perjalanan mudik ini sudah lebih dari 200 orang.

Polri melakukan pengamanan dengan mengerahkan puluhan ribu petugas untuk mengawal titik-titik padat pemudik.

Namun Danang Parikesit dari Masyarakat Transportasi Indonesia, mengatakan peran vital justru berada di tangan pemerintah daerah di sepanjang jalur mudik untuk membenahi tata penggunaan jalan raya guna mencegah kecelakaan.

Danang mengatakan banyak bahu jalan digunakan untuk berjualan.

Kecelakaan selama mudik dan keselamatan di jalan merupakan masalah yang terjadi setiap tahun.

Anda punya pengalaman mudik? Atau melakukan perjalanan selama hiruk-pikuk mudik ini? Bagaimana pengalaman Anda? Apa kesulitan yang Anda hadapi?

Apa yang perlu dilakukan untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya ini?

Tulis komentar Anda di kolom yang disediakan di bawah ini.

Sertakan nama dan asal kota Anda dan nomor telepon bila Anda bersedia dihubungi BBC.

BBC akan menghubungi bila komentar Anda terpilih untuk Anda bacakan sendiri.

Forum BBC Indonesia disiarkan setiap Kamis pukul 18:00 WIB dan dapat Anda simak melalui radio-radio mitra BBC di kota Anda.

Komentar Anda

Teguh, Bekasi
Mudik adalah sebuah perjalanan pulangkampung yang penuh perjuangan.pengalaman 2011 mudik ke klaten dari bekasi.super luar biasa.dari yang biasa 9jam jadi 24 jam lebih.sampai bermalam di bis.makanya tahun ini tidak mudik.takut terulang lagi.dari tahun ke tahun jalanan buat mudik pasti dalam tahap perbaikan belum ada sejarahnya jalur mudik mulus sebelum mudik tiba

Dimas, Indramayu
Untuk megurangi kecelakan kurangi jumlah kendaran yang tidak layak pakai. Contoh mobil-mobil tua, bemo dan mobil-mobil yang bukan trayeknya. Inilah yg mebuat jalan menjadi macet.dan kecelakan sering terjadi. Benahi armada bus yang tidak layak pakai, dan tingktkan pelayanan dan penumpang. Berikan sanksi berat pada kondektur yang menaikkan harga semaunya. Tetapkanlah ongkos bus murah dan pelayanan dan kenyamanan terjamin.Buat apa kita capai-capai pake motor pulang mudik.

AG Paulus, Purwokerto
Pemerintah harus membangun rel kereta ganda sepanjang Pulau Jawa ,ditambah dengan bus layak jalan dan prima dg sistim biaya yg wajar (maksimal naik 10 %baik KAI maupun Bis, jangan spt sekarang rata-rata 100 %, KAI kan milik pemerintah, walau berbentuk PT Tbk,). PELNI buka jalur mudik minimal 4 kali, jangan 2 kali spt 2012. Ke 3 moda transportasi harus ada kursi khusus lansia, bumil dan anak (minimal 25 % total). Tilang pengendara motor yang melanggar aturan, baik muatan maupun penumpang.

Wahjoe, Nganjuk
Makin banyak jumlah kendaraan mobil.sepeda motor.makin rawan terjadinya kecelakaan.salah satu cara mengurangi kecelakaan adalah memisah jalur kendaraan sepeda motor.dengan mobil misal adanya jalur tol khusus sepeda motor.akhirnya pelanggaran dimulai dari pembiaran akhirnya jadi kebiasaan ketika ada kecelakaan ribut penangana.

Ismak, Jakarta
Rutinitas yang sulit dihentikan, bagi pemerintah mungkin juga proyek tahunan, ada banyak sumber daya yang habis namun tidak ada atau memang dibiarkan tidak ada jalan keluar, semuanya hanya statistik, jumlah pengendara motor, mobil, bus berapa yang meninggal. Adakah yg berpikir untuk mengurangi itu semua?

Kuswanto, Semarang
Pengalaman saya selama mudik dari Jakarta ke Semarang, selalu menjaga badan agar dalam keadaan fit. Jika badan sudah mulai lelah dan capek disarankan untuk istirahat terlebih dahulu.

Asep hilman, Sukabumi
Setiap organisasi atau perkumpulan mengadakan pulang mudik bersama. Mobil umum terutama angkot diganti dengan bus. Tiap pasar dipindahkan jangan dekat jalur utama tapi lebih jauh agar tidak macet.

Aristides Mota, Bogor
Keledai yang bodoh tidak pernah kesandung pada batu yang sama untuk kedua kalinya. Mengapa setiap tahun masalah yang sama selalu terjadi? Seharusnya aparat pemerintah yaitu 1) Kepolisian, 2) Kementrian Perhubungan dan 3) Pemerintah Daerah sejak awal melakukan pemetaan dan penataan sistem tranportasi dan lalu lintas sehingga para pemudik dapat merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halamannya dengan selamat dan nyaman.

Rakean Agung, Cimone, Tangerang
Potret diri bangsa ini! Tahun demi tahun jauh dari perubahan sebagai suatu bangsa besar merdeka masih jauh adil sejahtera dan berdaulat dalam segala bidang,untuk kebutuhan pokok rakyat sekalipun! Korban kecelakaan lalu lintas, kemacetan ketidaksiapan infrasruktur dan sikap mentalitas aparat masih jauh dari harapan publik! Carut marut perpolitik an,hukum,ekonomi dan lain-lain berbaur dengan pekat korupsi! Krisis kepemimpinan dan pemimpin bangsa!

Hari, Surabaya
Budaya mudik telah menjadi kegiatan yang rutin saya lakukan dari Surabaya ke tempat kelahiran saya di desa Pacet, Mojokerto, Jawatimur, dan kemacetan yang selalu terjadi kaerna pertumbuhan sarana jalan yang kurang dibanding kendaran. Alhasil jalan raya penuh sesak meski sudah dilebarkan, jalan yang kurang dan kualitas yang kurang bagus menambah kemacetan plus pengaturan lalulintas yang kadang mengecewakan juga menambah ruwetnya lalulintas. Itulah rintangan saya, jalan yang bisa saya lalui 1,5 jam menjadi 3 jam lebih. Capek tapi harus dilalui

Sunarto, Jakarta
Menyalahkan para pedagang adalah tindakan kurang tepat, naluri orang dagang dimana banyak pembeli disitu mereka akan berusaha. Jadi yang perlu ditertibkan adalah pembeli. Saya sering lihat di dekat jalan tol banyak mobil-mobil mewah, sambil menunggu antrean berbelanja di dekat jalan dari mobil.

Rizal Wahyudi, Probolinggo
Kepada pemerintah indonesia khususnya polres Probolinggo jika tak mau kecelakaan dan kecurian terjadi buatlah patroli setiap jam di kota maupun di desa agar aman dan tiada kecelakaan dijalan raya dan tidak ada pencurian di kota ataupun di desa. Polisi di Indonsia harus mencontoh negara tetangga Malaysia setiap beberapa menit buat patroli pada hari biasa dan hari raya sehingga aman dari kecelakaan maupun pencurian.

Galah pranoto, Sampang
Kurang rambu-rambu peringatan dan pengalihan jalur yang menyebabkan para pemudik binggung. Polri dan jasa marga harus mendirikan pos kesehatan setiap 50 km dan diwajibkan test kesehatan dan kendaran yang layak jalan. Kalau semua lulus tes baru diizinkan jalan, kalau belum disediakan tempat istrirahat yang layak. Keselamatan di jalan tanggung jawab kita bersama.

Tri Marhaeni, Palembang
Saya mudik dari Palembang ke Solo naik bus. Banyak hambatan yang dialami di Indramayu-Cirebon karena kesibukan orang lokal, terutama di seputar toko dan pasar. Maka saya usulkan dibangun jembatan layang di daerah itu.

Hubungi kami

* Kolom harus diisi

(Maksimal 500 karakter)

Link terkait

Topik terkait

BBC © 2014 BBC tidak bertanggungjawab atas isi dari situs internet pihak luar

Halaman ini akan lebih baik dilihat dengan dengan penjelajah terbaru yang memiliki fasilitas style sheets (CSS). Anda memang bisa melihat isi halaman dengan menggunakan penjelajah saat ini, namun tidak bisa untuk mendapatkan pengalaman visual secara menyeluruh. Mohon perbaraui penjelajah anda atau gunakan CSS, jika memungkinkan.